Friday, November 28, 2014

Cara memperbarui firmware Android [trik alternatif]

Salah satu hal yang paling menarik pengguna Android yang adalah apakah handset mereka akan mendapatkan update atau tidak, apakah Anda memiliki Galaxy S3, Nexus 5 atau HTC One original. Pada perangkat Apple iOS, karena hanya ada beberapa perangkat yang berada di bawah kendali Apple, update secara teratur diluncurkan di semua perangkat pada saat yang sama, tapi kadang-kadang dengan Android dapat memakan waktu lama untuk memulai roll-out dan bahkan tidak pernah, tidak ada jaminan bahwa perangkat Anda akan melihat update, atau mungkin ada masalah dengan pembaruan itu sendiri. Pada umumnya ada dua cara untuk memperbarui perangkat Anda: melalui udara (OTA) atau update manual, yang sedikit lebih rumit. Kami akan menunjukkan cara untuk melakukan keduanya di berbagai perangkat.
 

Bagaimana melakukan update otomatis

Biasanya pembaruan perangkat lunak roll out perangkat kita secara otomatis (OTA). Anda akan melihat pemberitahuan bahwa pembaruan siap untuk menginstal ke perangkat Anda dan yang harus anda lakukan adalah klik di atasnya untuk memulai proses. Untuk alasan apapun, tidak didorong ke perangkat anda atau anda sengaja membersihkan pemberitahuan, Anda dapat memeriksa secara manual jika ada OTA update yang tersedia dengan menuju ke Tentang Perangkat> System Updates> Check for Updates. Terminologi yang tepat ini akan bervariasi tergantung pada jenis perangkat Anda sendiri.

Bagaimana untuk memperbarui secara manual

Ada berbagai alasan sehingga Anda ingin memperbarui perangkat Anda secara manual, namun beberapa yang paling umum adalah bahwa Anda tidak memiliki jaringan seluler atau WiFI stabil atau Anda telah mengakar perangkat Anda dan tidak menerima update OTA.
 
1. Temukan ROM
Langkah pertama untuk melakukan update manual ini adalah untuk menemukan sebuah ROM yang ingin Anda instal pada perangkat Anda. Dalam kasus ROM resmi, kami akan memeriksa situs web yang sesuai untuk masing-masing produsen dan menemukan ROM yang tepat untuk model perangkat. Firmware dari produsen yang lebih populer dapat ditemukan di sini: Samsung (SamMobile), Sony (Xperia Firmware atau Flashtool), LG (LG Phone Firmware), atau Motorola (Motorola Firmware).

2. Instalasi ROM
Untuk menginstal ROM, Anda harus menemukan program khusus yang cocok untuk merek smartphone anda atau menggunakan pemulihan kustom, yang membutuhkan perangkat untuk dibuka dan rooted.

KIES: Program ini digunakan untuk memperbarui perangkat bermerek Samsung, memungkinkan kita untuk men-download ROM dan menginstalnya ke perangkat mobile dari PC Anda. KIES sendiri mendownload firmware untuk Anda berdasarkan perangkat dan lokasi, sehingga ROM yang belum diluncurkan ke perangkat Anda atau lokasi, Anda tidak akan dapat menginstalnya menggunakan Kies.

Odin: Program lain memungkinkan Anda untuk menginstal ROM pada perangkat Samsung Anda. Keuntungan di sini tidak seperti Kies, Anda dapat menginstal ROM dan Anda men-download sendiri, seperti dari SamMobile. Untuk gambaran singkat, Anda dapat mencari berbagai tutorial tentang cara root perangkat Samsung Anda.
 


Flash Tool: Alat ini digunakan untuk flash ROM ke perangkat Sony Xperia. Anda harus diingat bahwa ini hanya akan bekerja pada perangkat Xperia yang memiliki bootloader unlocked. Sekarang, itu secara bertahap beta tetapi bekerja di sebagian besar PC Windows.

HTC Sync Manager: Seperti namanya, program ini digunakan untuk menginstal pembaruan, antara lain, pada perangkat HTC. Untuk mendapatkannya, Anda masuk ke situs HTC resmi. Setelah terinstal, Anda hanya perlu menghubungkan smartphone Anda ke PC melalui USB dan kemudian jalankan program. Ini akan mencari pembaruan perangkat lunak untuk Anda, tetapi hanya update resmi akan tersedia untuk Anda.

HTC One Tool Kit: Program ini dikembangkan oleh beberapa orang di XDA Developers Forum dan bekerja untuk perangkat HTC. Dalam tool kit ini Anda dapat membuka bootloader Anda, root beberapa perangkat, dan tentu saja, menginstal ROM resmi dan kustom pada HTC Anda. Anda bisa ambil toolkit dari link berikut: HTC One Toolkit.
 
 

LG PC Suite: Program ini akan memperbarui perangkat LG dan dapat didownload dengan menekan halaman pencarian perangkat LG dan mencari PC Suite - hanya men-download satu untuk perangkat Anda. Setelah program ini terinstal, Anda hanya perlu mengklik kotak check Phone Update. Seperti dengan beberapa program resmi lainnya, ini hanya akan menginstal update resmi untuk perangkat Anda.

KDZ Updater Firmware: Ini adalah program lain yang memungkinkan Anda untuk memperbarui dan flash ROM, baik resmi maupun kustom ke perangkat LG. Perhatikan bahwa meskipun instalasi program ini relatif sederhana, Anda mungkin memiliki beberapa masalah dengan Windows Vista atau 7 karena Anda harus memastikan bahwa Anda memberikan hak administrator Program. Anda bisa download program dari link berikut: KDZ Updater Firmware.

RSD Lite: Pengguna Motorola biasanya tidak memiliki masalah dengan menerima pembaruan, namun, toolkit ini akan memungkinkan Anda untuk flash stock firmware di Motorola anda lagi jika anda pernah memiliki masalah apapun. anda bisa download program dari link berikut: RSD Lite.

Custom Recovery: Jika Anda tidak melihat program yang kompatibel dalam daftar untuk perangkat Anda atau pabrikan, pilihan terbaik mungkin menginstal pemulihan kustom pada perangkat Anda. Ini adalah salah satu metode sederhana untuk flashing ROM custom dan back up perangkat anda dan diakses ketika anda reboot perangkat anda. Dengan demikian, anda dapat men-download kustom atau ROM resmi langsung ke perangkat anda dan kemudian menginstalnya tanpa harus menggunakan PC sebagai penghubung.

ROM Manager: Aplikasi ini, untuk perangkat rooted, memungkinkan kita untuk melihat mana ROM yang tersedia untuk perangkat Anda. Hal ini juga menawarkan pengguna untuk menginstal ROM langsung dari aplikasi dan menyediakan solusi yang cukup sederhana bagi Anda untuk mencari dan mencoba ROM yang berbeda.

SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.